STPI Bina Insan Mulia

TAZKIYATUN NUFUS

Upaya Penyucian Hati di masa Pandemi

Oleh: Drs. Muslikhin, S.Pd., M.Hum.

 

PENGANTAR

Pandemi Covid-19 memaksa setiap orang untuk melakukan pola hidup baru yang biasa disebut sebagai Era New Normal atau kenormalan baru, terutama dalam hal menjaga kebersihan dan kesehatan. Pola baru tersebut ditujukan untuk menghidarkan diri seseorang dari virus corona. Maka muncullah serangkaian protokol kesehatan yang harus dilakukan setiap orang, misalnya pakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun minimal 20 detik, menghindari kerumunan, dan sebagainya.

Setiap orang selalu berharap dirinya sehat dan selamat, baik dari virus corona maupun mara bahaya lainnya. Di masa pandemic ini kebanyakan orang lebih focus untuk menjaga kebersihan diri mereka namun kadang lupa untuk menjaga kebersihan hati, padahal segumpal darah tersebut yang akan menentukan nasib setiap manusia, apabila baik maka baik pula diri seseorang. Sebaliknya, apabila segumpal darah (hati) tersebut buruk maka buruk pula diri seseorang. Tulisan ini memberikan arah kepada para pembaca untuk tidak melupakan upaya menjaga kesucian hati di tengah pandemi.

 

MAKNA TAZKIYATUN NUFUS

Tazkiyah secara Bahasa artinya tumbuh, membersihkan. Sedangkan nufus artinya jiwa. Tazkiyatun nufus yaitu yaitu usaha manusia untuk menumbuhkan sifat jiwa yang  buruk kepada jiwa yang baik (karena dalam jiwa itu  ada yang fujur dan ada jiwa yang taqwa). Hal itu pula yang dijelaskan dalam QS. Asy-Syams ayat 8. Dengan kata lain, tazkiyantun nufus adalah usaha manusia untuk mensucikan dirinya dari yang buruk  dengan cara menghiasi jiwa dengan amalan yang sholih.

Jiwa adalah harta yang tiada ternilai harganya. Kesucian jiwa menyebabkan kejernihan diri, lahir dan batin. Itulah kekayaan sejati. Berapa banyaknya orang yang kaya harta, tetapi mukanya muram, dan berapa banyaknya orang miskin, tetapi wajahnya berseri. Sebaliknya pula ada orang kaya harta yang berseri  wajahnya, dan ada orang yang miskin harta tetapi juga muram wajahnya. Disitu tampak terlihat seberapa sehat dan kuat jiwanya.

Tazkiyatun nufus adalah  semua usaha yang dilakukan  manusia hendaknya untuk, di antaranya meliputi pembersihan diri manusia dari syirik kepada Tauhid, dari riya’ kepada keikhlasan, dari dusta kepada kejujuran, dari khianat kepada amanat, dari sombong kepada tawadhu’, dari kebencian kepada saling menyayangi. Semua itu butuh jihad dengan segala konsekwensinya.

 

TAZKIYATUN NUFUS DI MASA PANDEMI

Jihad adalah kata kunci untuk memenangkan pertarungan hati antara fujur dan taqwa. Pada masa pandemic, jihad/bersungguh-sungguh atau “perang” bisa dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya:

  1. Perang senjata, perang pena, perang media
  2. Perang kebijakan, perang melawan kapitalis global
  3. Perang pemikiran (Ghozwul Fikri) dengan akal fikirannya.

Melalui gambaran tersebut dapat disimpulkan bahwa  perang batin merupakan sebuah peperangan yang perlu dilakukan oleh setiap orang untuk menuju kebahagiaan hidupnya, yang perlu dibekali dengan kebersihan jiwanya (hati). Terdapat beberapa keadaan hati yang bisa disimak di bawah ini:

  1. Hati yang sehat / hati yang selamat (Qolbun Salim). Hati yang  sehat, bersemangat, dinamis , optimis,  kerja nyata, ceria dalam taqwa)
  2. Hati yang sakit (Qolbun Mariidun). Adalah hati yang hidup tetapi cacat, dia berada dalam dua tarikan antara kecintaan kepada Allah, dan kecintaan kepada syahwat, terkadang dia sadar, dia rajin ibadah, tetapi kalau  kumat sakitnya hati, dia ya maksiyat ( orang ini rajin beribadah tekun dalam bermaksiyat)
  3. Hati yang Mati (Qalbun Mayyitun). Hati yang tidak ada kehidupan,hati yang tertutup dari nilai kebenaran, sama saja ada peringatan atau tidak ada peringatan.

Seseorang apabila telah mencapai hati yang bersih maka dapat ditengarai dengan beberapa indicator berikut:

  1. Iman nya hak & Sidiq
  2. Sholatnya khusyuk
  3. Perkataan dan perbuatannya berkwalitas
  4. (efektif , efisien)
  5. Mau menunaikan zakat
  6. Menjaga kehormatannya
  7. Menjaga janji & amanatnya
  8. Menjaga sholatnya

 

Hubungi admin
Halo!!
Ada yang bisa kami bantu