Profil S1 PGMI

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia (RI) nomor 8 tahun 2012 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permedikbud) RI nomor 73 tahun 2013, mengharuskan Perguruan Tinggi, Sekolah Tinggi, Institut maupun Universitas termasuk Strata satu (S-1) Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Madrsah Ibtidaiyah (PGMI) di Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta, menyusun kurikulum dengan mengacu pada Perpres/KKNI dan Kemenristek Dikti tersebut.

Memasuki Masyarakat Economi Asean (MEA), Prodi S-1 PGMI Bina Insan Mulia Yogyakarta yang baru mendapatkan ijin operasional tahun 2016 harus berjuang dan bersaing sehat dengan prodi-prodi sejenis terutama di dalam negeri, dan atas dasar inilah penyusunan kurikulum Prodi PGMI STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta dengan mengacu KKNI harus diwujudkan miskipun dengan waktu yang tidak sebentar.

Hingga saat ini, ketika kurikulum yang mengacu pada KKNI, Prodi S-1 PGMI STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta mulai dijalankan maka telah dimulai perkuliahan dengan sistem berbeda dengan Prodi yang lain di STPI (PGRA) yang sudah berdiri sebelumnya, dengan harapan sejak awal, Prodi PGMI telah memiliki ciri khas sebagai bentuk idealis lembaga dalam rangka melahirkan pendidik dan calon pendidik Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang mumpuni dalam segala bidang, miskipun imput mahasiswa yang diperoleh masih jauh dari harapan dan keinginan lembaga, hal ini tidak menyurutkan usaha keras dengan lebih menguatkan kwalitas prodi (ke dalam) dan menjalin kerjasama dengan praktisi dan pemerhati pendidikan anak di Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau yang sederajat.

Program Studi PGMI STPI Bina Insan Mulia yogyakarta juga mengantisipasi  akan adanya fenomena “Penjajah” pendidikan dierah global seperti sekarag ini. Ketika pasar bebas sudah dibuka dan MEA sudah benar-benar terjadi, maka tidak menutup kemungkinan akan banyak bermunclan Perguruan Tinggi Asing dengan Prodi sejenis yang bertebaran di atah air. Dalam kondisi demikian, prodi S-1 PGMI STPI Bina Insan Mulia telah menyiapkan diri untuk menghadapi badai pendidikan Tinggi tersebut.

Tidak sekedar itu, ketika MEA benar-benar dibuka, kemudian banyak industri dan perusahaan asing berdiri dimana-mana, maka tidak menutup kemungkinan endidikan anak Sekolah Dasar (MI/SD) yang berafiliasi asing juga akan mewarnai pendidikan di tanah air. Dalam situasi yang demikian itu, penyusunan Kurilulum S-1 Prodi PGMI STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta yang mengacu KKNI diarahkan agar alumninya kelak dapat menjadi pendidik profesional pada lembaga MI/SD yang berafilasi dengan lembaga asing tersebut.

Kurikulum Prodi S-1 PGMI STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta mengacu KKNI didesain mampu menghalau badai MEA tersebut dengan mengaktualisasikan keunikan dan keunggulan Prodi yakni kreatifitas. Atas dasar inilah, kurikulum Prodi PGMI menggunakan pendekatan kreatifitas, dan inilah keunikan dan keunggulan Prodi  S-1 PGMI STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta mengacu KKNI dibandingkan dengan kurikulum Prodi S-1 PGMI di Perguruan Tinggi yang lain

NILAI DASAR PRODI PGMI: Islami, Kreatif dan Inovatif

VISI PRODI PGMI: Menjadi  Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar yang mendidik calon  Pendidik yang   Kreatif,  Militan, Profesional dan Islami terbaik di tingkat Nasional pada tahun 2030

MISI PRODI PGMI :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang PGMI/PGSD yang

  mendidik calon pendidik yang Kreatif, Militan, Profesional dan Islami.

  1. Melaksanakan Penelitian dalam menerapkan  teori-teori Pendidikan Dasar dan menyebarluaskannya.
  2. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dalam bidang Madrasah Ibtidaiyah/ pendidikan Sekolah Dasar.
  3. Menyelenggarakan kerjasama dengan instansi dan lembaga terkait dengan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah/ pendidikan Sekolah Dasar.

TUJUAN PRODI PGMI

Visi dan misi di atas selanjutnya dirumuskan dalam tujuan penyelenggaraan pendidikan

Program Studi PGMI sebagai berikut:

  1. Mencetak calon pendidik MI /SD yang kreatif dalam setiap pembelajar dengan berpedoman pada kurikulum yang sedang berlaku
  2. Membentuk pendidik MI/SD yang memiliki militansi tinggi, berpedoman kepada nilai-nilai keislaman
  1. Mencetak sarjana muslim yang profesional dan kompetitif di bidang PGMI atau pendidikan Sekolah Dasar
  1. Menghasilkan karya penelitian ilmiah dibidang pendidikan dasar dan mengunggahnya dalam laman web site

Bergabunglah bersama kami sekarang!

Daftar